UNDANGAN KEGIATAN SEMILOKA

undangan-ke-peserta-semiloka1
SEMINAR DAN LOKA KARYA (SEMILOKA) MAHASISWA SYARIAH
SE-INDONESIA 2009

PENDAHULUAN
Lulus Syariah Bergelar S.H.? Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum se-Indonesia merekomendasikan kepada pemerintah untuk mengubah gelar lulusan Fakultas Syariah dan Hukum dari Sarjana Hukum Islam (SHI) menjadi Sarjana Hukum (SH). Selain itu, diharapkan, para lulusan Fakultas Syariah dan Hukum dapat mengisi berbagai peluang berdasarkan basis kompetensi yang sesuai tuntunan dan perkembangan zaman.
Berkaitan dengan Mahkamah Agung (MA), perlu ada kerja sama yang lebih konkret antara MA dan UIN/STAIN dalam perumusan materi dan sistem pelatihan hakim yang menangani perkara ekonomi syariah. Kerja sama itu hendaknya bersifat sustainable, mengingat bentuk-bentuk kegiatan usaha dengan prinsip ekonomi syariah terus berkembang semakin kompleks.
Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum se-Indonesia juga merekomendasikan tentang dibutuhkannya perencanaan strategis dalam mengembangkan program studi di lingkungan Fakultas Syariah dan Hukum. Dalam hal ini, Fakultas Syariah dan Hukum perlu merekomposisi kurikulum dengan titik tekan pada penguasaan prinsip-prinsip masing-masing program studi. (Disampaikan pada Seminar Nasional dan pertemuan Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum se-Indonesia, di Hotel Puri Khatulistiwa, Bandung/Disadur dari Pikiran Rakyat dicetak tanggal 20 Maret 2007)
Permasalahannya, label Islam dalam gelar sarjana apakah salah? padahal itulah yang membedakan antara alumni yang fokus di keilmuan hukum positif dan berlabel Islam itu dipersiapkan untuk bidang-bidang yang fokus hukum syariah, apakah keberadaan fakultas syariah tidak sejalan dengan lahan garapannya, tapi bukanlah label syariah sekarang sedang menjamur? Mau dibawa kema para alumni Fakultas Syariah?
Pertanyaan di atas yang coba kita diskusikan melalui Seminar dan Loka Karya (Semiloka) Mahasiswa Syariah Se-Indonesia 2009 dengan maksud mendapatkan pencerahan, karena para pemateri merupakan para pakar syariah dan peserta loka karya merupakan delegasi dari BEM/LEM/HMJ yang ‘berlabel’ syariah, dan hasilnya akan mudah-mudahan akan dibukukan, selanjutnya diberikan kepada para Stake Holder, sponsor kegiatan dan para peserta loka karya.

NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernamakan “Seminar dan Loka Karya (Semiloka) Mahasiswa Syariah Se-Indonesia 2009 ” dengan tema umum “ Redesain Flatform Peran Mahasiswa Syariah dan Sarjana Hukum Islam, dalam Menghadapi Tuntutan dan Perkembangan Zaman”.

TUJUAN KEGIATAN
Secara umum, kegiatan ini diharapkan:
1. Menginspirasi dan mendorong para mahasiswa, dosen, ilmuan atau mayarakat di lingkungannya untuk secara sungguh-sungguh memikirkan dan mendiskusikan mengenai peran mahasiswa syariah dan sarjana hukum Islam di Indonesia serta aktualitas dan relevansi kajian-kajian ke-syariahan yang dikembangkan, agar sarjana hukum Islam dapat memainkan peran lebih besar dalam meningkatkan kwalitas wacana menuju sumberdaya manusia yang berwawasan intelektual.
2. Menghimpun pemikiran dari para pemerhati pesera kegiatan dan peminat ilmu-ilmu hukum Islam (Syariah) tentang arah, peluang, dan tantangan serta kajian-kajian hukum Islam menuju penerapannya.
3. Membukukan pandangan dari objek pembahasan dari peserta Semiloka.
Secara khusus, kegiatan ini diharapkapan :
1. Menghimpun dan mengevaluasi peran Sarjana Hukum Islam serta aktualitas dan kualitas berbagai penerapannya.
2. Melakukan pemetaan terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi pemerintah, khususnya persoalan yang terkait dengan perbaikan penerapan produk hukum Islam.
3. Mengidentifikasi berbagai kekuatan dan kelemahan peran mahasiswa syariah dan sarjana hukum Islam serta karakteristik pemikiran hukum Islam.
4. Menyusun langkah-langkah aktualisasi apabila terdapat permasalahan dalam temuannya.
Tujuan lain dari setiap kegiatan dijelaskan pada deskripsi kegiatan.

WAKTU DAN RANGKAIANN KEGIATAN
1. Openig Ceremony
Kegiatan ini akan diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat dan dihadiri oleh semua peserta Seminar dan Loka Karya (Semiloka) Mahasiswa Syariah Se-Indonesia 2009 dan para tamu undangan seperti, Unsur Departemen Agama, unsur pemerintahan terkait dan undangan VIP lainnya. *
2. Pidato Kunci (keynote speech)
Pidato Kunci akan disampaikan oleh Prof. Dr. H, Machasin, MA. Beliau sebagai Direktur Pendidikan Tinggi Islam akan menyampaikan informasi aktual mengenai posisi mahasiswa syariah dan sarjana hukum islam di era glogalisasi sekarang.
3. Seminar Nasional dengan tema membaca sejarah dan peran mahasiswa syariah dan Sarjana Hukum Islam dulu, sekarang dan masa depan. Merupakan pintu wacana dari seluruh tahapan kegiatan, memberikan informasi baru mengenai kondisi terbaru dari tema umum yang diusung.
4. Sosialisasi Amandemen UUD 1945
Merupakan acara ‘sehari penuh’ mengenai pemaparan dan penjelasan Amandemen UUD 1945 yang akan langsung disampaikan oleh Tim Sosialisasi dari Majelis Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), dengan harapan peserta memahami posisi hukum Islam (syariah) dalam konsitusi NKRI.
5. Kupas Tuntas Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan (UU BHP) dan Pengaruhnya terhadap Perguruan Tinggi Agama Islam.
6. Loka karya
Loka karya ini akan diikuti oleh peserta tetap dari utusan organisasi BEM/LEM/HMJ Syariah se-Indonesia. Kegiatan ini dimaksudkan menampung dan menyerap pandangan, argumen dan pemikiran mahasiswa dari kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan, yang pada akhirnya hasil dari loka karya ini akan dibukukan untuk pihak-pihak terkait.)*
7. Rihlah dan Fieldtrip
Acara ini ditujukan untuk menambah kedekatan hubungan emosional seluruh peserta semiloka dan refreshing di penghujung kegiatan. Lokasi rihlah ini diantaranya tempat pariwisata di sekitar Bandung dan sekitarnya.
8. Closing Ceremony dan Perpisahan Peserta
Kegiatan Seminar dan Loka Karya (Semiloka) Mahasiswa Syariah Se-Indonesia 2009 akan ditutup secara resmi oleh Rektor UIN SGD Bandung.
9. Dan acara lainnya yang memungkinkan untuk dilaksanakan.
Rangkaian kegiatan di atas ada kemungkinan terdapat perubahan, apabila terjadi hal-hal yang sesuai pertimbangan panitia dan akan disosialisasikan di http://sema-fsh.co.cc

TARGET KEGIATAN
Setelah kegiatan Seminar dan Loka Karya (Semiloka) Mahasiswa Syariah Se-Indonesia 2009 diselenggarakan, diharapkan:
1. Tercapainya pemahaman yang sama tentang posisi hukum Islam, mahasiswa syariah dan sarjana hukum Islam di Negara Indonesia.
2. Teridentifikasinya kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan mahasiswa syariah dan sarjana hukum Islam.
Terumuskannya langkah-langkah aktualisasi peserta semiloka berupa draf hasil loka karya.

SYARAT-SYARAT PESERTA
1. Membayar registrasi Rp.100.000,00 perorang
2. Delegasi tiap BEM-F/LEM, HMJ Syariah terditi dari 2 orang.
3. Membawa makalah/artikel sesuai tema yang diusung di acara ini
a. Tulisan sendiri
b. ditulis di kertas A4 minimal 3 halaman, maksimal 5 halaman.
c. Berisi permasalahan-permasalahan dan solusi.
4. Membawa almamater kampus masing-masing.
Kehadiran peserta harap konfirmasi ke panitia
1) 0852 9476 7970 (Siti Herayani)
2) 0866 59595 3640 (Isman Muslim)
paing lambat tanggal 05 Mei 2009.
5. Kedatangan dan Registrasi ulang peserta tanggal 10 Mei 2009 Pukul 12.00

REGISTRASI PESERTA
Registrasi Rp.100.000,00/perorang ditransfer sebelum pelaksanaan ke No Rekening : 035401036398503 a.n Fitrotussa’adah. BRI Cabang A.H Nasution Bandung. Setelah ditansfer harap konfirmasi ke panitia (0852 2246 4660- Fitrotussa’adah). Bukti pengiriman harus dibawa pada saat tanggal 10 Mei 2009.

susunan-acara1
formulir-pendaftaran

peta-uin-bandung-semiloka

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s